Kamis, 10 Mei 2012

Dibalik Manfaat (tidak) Terkabulnya Doa Manusia?

Cita-citanya setinggi langit, semangatnya menggebu-gebu,  berdoa siang malam tapi  hasilnya masih saja NOL? Siapa yang salah.
Sepertinya setiap orang ingin memaksa Tuhan agar semua kemauannya terlaksanakan, sehingga  mereka sering lupa diri  bahwa sebagai mahluk, kita hanya mampu berikhtiar  sekuat tenaga, toh hasilnya nanti  terserah Tuhan,kalau  memang harapan yang  diimpikan   orang itu  baik dan manfaat bagi   masa depannya, pasti semuanya akan dipermudah, Tuhan  akan membimbing mahluknya  pada jalan itu dengan ridhonya. Sebaliknya jika harapan itu tidak baik dan hanya akan  menjadi boomerang, hmm jangan tanya  kenapa Tuhan tidak mengabulkan doa dan cita-cita kita.
Semua Doa Pasti Ditreima
Jika ada orang yang mengatakan bahwa Tuhan tidak mendengar doa mahluknya maka ketahuilah bahwa orang tersebut sedang  menghina Tuhan dan telah tidak beradab denganNya.  Tuhan maha mendengar dan maha mengabulkan semua doa mahluknya. Dalam Al-qur’an jelas di nyatakan:
Dan apabila hamba-hamba-Ku bertanya kepadamu tentang aku, Maka (jawablah), bahwasanya Aku adalah dekat. Aku mengabulkan permohonan orang yang berdoa apabila ia memohon kepada-Ku, Maka hendaklah mereka itu memenuhi (segala perintah-Ku) dan hendaklah mereka beriman kepada-Ku, agar mereka selalu berada dalam kebenaran.- AlBaqarah 186.
Apakah ini bertentangan dengan kketerangan lain yang menyatakan sebab-sebab tidak terkabulnya sebuah doa atau memang ayat diatas terlalu umum sehingga tidak cocok dengan kenyataan yang ada?
semua doa memang terkabul dan didengar oleh Tuhan, hanya saja terkadang Tuhan tidak harus mengabulkan doa itu apa adanya. Bagaimanapun Tuhan sering menggantikan sesuatu yang kita harapkan dengan perkara lain yang lebih indah dan manfaat bagi hambanya. Oleh karena itu banyak manusia akhirnya tersadarkan bahwa selama ini apa yang ia harapkan adalah sesuatu yang tidak begitu manfaat bagi dirinya, karena Tuhan telah membeberikan rencana lain yang lebih pas untuk kita  dan  pastinya lebih memberikan banyak maslahat daripada harapan-harapan yang telah kita ikhtiarkan. Hikmah dari segala kejadian yang telah lewat akan terkuak setelah manusia sadar akan hal ini.
jangan salah jika ada TKW jadi konglomerat setelah sekian lama menjadi babu disebuah rumah tangga orang-orang terpandang, sebaliknya jangan heran jika banyak konglomerat yang akhirnya kolapse dan tidak bisa menikmati ketenangan lahir batinnya. …
Satuu rahasia lagi yang harus saya sadari, bahwa doa adalah ibadah, Tuhan sangat senang jika ada hamba yang membutuhkannya sehingga ia selalu berdoa dan meminta kepadaNya. Terkadang Tuhan sengaja  memberikan mahluknya hukuman berupa musibah yang amat berat dan menjadikan orang yang tertimpa musiabah itu akhirnya sadar, tobat dan kembali kepada jalan yang diridhaiNya. Dengan musibah Seolah-olah Tuhan memaksa kita untuk selalu mengingatNya!
Manfaat Penundaan Terkabulnya Doa
Jangan anggap remeh doa-doa kita selama ini, toh tidak ada doa yang tidak didengar, walaupun kenyataannya tidak satupun permintaan yang terkabulkan sesungguhnya doa-doa kita selama ini adalah sebuah amal baik yang akan digantikan oleh Tuhan dihari kelak. Berdoa sama saja dengan beramal baik kepada diri sendiri. Menurut satu keterangan : ketika manusia telah mati dan dihisab di depan Tuhannya, banyak yang terheran-heran dengan amal baik yang tidak pernah mereka lakukan didunia. Tuhan menjawab.: Itu adalah kumpulan doa-doa baikmu di dunia, sengaja saya tidak mengabulkannya pada saat kamu masih berada di alam dunia karena doa-doa ini akan menjadi pahala yang bisa membeeratkan timbangan amal baikmu di akhirat ini. setelah sadar dengan kabar ini, akhirnya banyak manusia yang bersyukur atas penangguhan terkabulnya doa-doa itu hingga diberikan pada saat yang paling tepat saat manusia butuh amal baik.
Hmm mari berdoa dan berdoa, usah berburuk sangka pada Tuhan…

Tidak ada komentar:

Posting Komentar